clean pipe

Pipe Cleaning atau Pembersihan Pipa?

Pipe Cleaning atau Pembersihan Pipa?

Apakah pipe cleaning atau pembersihan pipa? Mengapa kita perlu melakukan pipe cleaning atau membersihkan pipa air bersih yang terpasang di rumah, apatertemen, ruko atau tempat usaha yang kita tempati? Kenapa dilakukan clean pipe atau pembersihan pipa, padahal air yang keluar dari tiap kran kelihatan masih bersih/bening? Pertanyaan-pertanyaan itulah yang awalnya sering disampaikan klien pipe cleaning kami. Mari kita perhatikan gambar di bawah ini.

kerak pipa

Terlihat kerak pipa menempel di seluruh dinding dalam pipa. Semakin lama usia pipa air bersih yang terpasang misalkan (1, 3, 5 10, sampai 20 tahun), maka akan semakin tebal kerak yang menempel pada pipa. Lantas kenapa bisa ada kerak-kerak di dalam pipa?

Kerak pipa terbentuk dari endapan unsur mineral yang terkandung dalam air. Dari proses pipe cleaning dengan alat TDS (Total Dissolves Solid atau Total Endapan Terlarut) meter, maka akan diketahui unsur mineral itu biasanya terdiri dari zat besi, zat kapur, lumpur, pasir yang terkandung dalam air. Semakin tinggi nilai TDSnya maka semakin tinggi unsur mineral yang terkandung dalam air. Dan semakin lama unsur mineral tersebut mengalir pada pipa, tentunya akan semakin banyak dan tebal kerak yang menempel di dinding pipa. Berikut contoh air yang mengandung unsur mineral di atas setelah dilakukan proses pipe cleaning

pipe cleaningKemudian kenapa air akan tetap jernih padahal sudah banyak kerak dinding pipa? Tentu tidak akan selamanya air keluar jernih/bening. Akan ada saatnya air yang keluar berwarna kuning/kecoklatan (seperti gambar di atas). Hal tersebut karena telah terlalu tebalnya kerak menempel pada dinding pipa dan juga karena permukaan kerak terlunak terkelupas akibat perubahan tekanan aliran air dalam pipa. Yang jelas jernihnya air yang mengalir belum tentu sehat dan aman untuk dikonsumsi karena mineral dan kuman tidak terlihat kasat mata.

Jika kami lakukan pipe cleaning dengan menginject 4 pola gelombang air bertekanan tinggi ke dalam pipa instalasi air bersih, maka pastilah semua kerak yang menempel di seluruh dinding pipa akan rontok. Mulai kerak yang lunak, sedang hingga yang terkeras sekalipun dengan pipe cleaning dapat dikikis/dibersihkan dan dikeluarkan dari pipa instalasi air bersih yang terpasang di tempat bapak/ibu, seperti terlihat pada gambar di bawah ini

Disamping endapan unsur mineral, kerak pipa juga terbentuk dari lumut hidup dan lumut yang telah mati, yang akan tetap menempel di dinding pipa. Apabila kerak pipa telah menjadi tebal maka dipastikan akan ada unsur organik yang hidup dan berkembang biak di sepanjang kerak pipa tersebut. Tentunya itu bukanlah unsur organik yang baik. Unsur organik tersebut biasanya seperti cacing e-coly, kuman penyakit, virus, bakteri yang tidak akan terlihat secara kasat mata. Organik tersebut tentunya tidak akan selamanya hidup di dalam pipa. Mereka akan ikut mengalir bersama dengan air yang kita pakai untuk menggosok gigi, mandi, mencuci sayuran/buah-buahan dan memasak. Jelas kita tidak akan sehat apabila unsur organik tersebut masuk dan tertelan oleh kita. Karena itu harus dicegah dengan melakukan pipe cleaning secara rutin. Bisa anda bayangkan efek unsur organik seperti gambar di bawah yang kami foto saat melakukan pipe cleaning, terminum oleh anda sekeluarga.

Setelah proses pipe cleaning dilakukan maka hasilnya pipa akan menjadi bersih dan mengalirkan air yang bersih pula bagi Bapak/Ibu sekeluarga. Demikian sekilas tentang pentingnya melakukan pipe cleaning secara periodik pada instalasi pipa air bersih rumah, apatemen, ruko, kantor atau tempat usaha anda. Pada artikel berikutnya anda dapat melihat dokumentasi video dan foto proses pipe cleaning yang kami lakukan.

Keterangan lebih lanjut hubungi:
DEWI ABIGAIL
0818 818720 | 0812 8703645 (incl WA)
filterairexcel@gmail.com

 

Comments

comments

Posted in Pipe Cleaning and tagged , , , .